Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul Di Leher Dan Dagu

Loading...
A+ A-
Jerawat bisa muncul di bagian manapun. Namun, area T pada wajah, yakni mulai dari dahi, hidung, mulut, dan juga dagu hingga leher merupakan area tersering yang ditumbuhi jerawat karena banyaknya kelenjar minyak di area tersebut.

 Peradangan pada kelenjar minyak dan akar rambut inilah yang pada akhirnya memicu pembentukan jerawat. Biasanya, jerawat bisa muncul dalam bentuk yang bervariasi, yakni berupa komedo, papula (bintil kemerahan), pustula (bintil bernanah), kista (benjolan berair), hingga nodula (benjolan kemerahan dan bernanah). Jerawat yang bisa menimbulkan rasa gatal hingga nyeri akibat efek dari peradangan yang muncul.

Pencetus munculnya jerawat ini bisa bervariasi, di antaranya infeksi bakteri Propionibacterium acne, ketidakseimbangan hormonal, stres psikis, perawatan kulit yang tidak tepat, efek samping obat atau kontrasepsi, pajanan iritan atau sinar matahari berlebihan, hingga beragam penyakit lainnya.

Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul Di Leher Dan Dagu Perlu juga Anda ketahui, bahwa selain jerawat, masih banyak kondisi kulit lainnya yang juga bisa memunculkan keluhan menyerupai jerawat, di antaranya folikulitis, milia, miliaria, dermatitis kontak, erupsi obat, skabies, impetigo, infeksi jamur, dan sebagainya. Anda perlu memperjelas dulu, seperti apa persisnya karakteristik Jerawat yang Muncul Di Leher Dan Dagu yang Anda alami? Apakah sudah pernah diperiksakan ke dokter dan didiagnosis jerawat?
Cara Mengatasi Jerawat Pada Wajah
Bila Anda belum pernah memeriksakan diri ke dokter atau dokter spesialis kulit, sebaiknya periksakan dulu diri Anda supaya bisa dievaluasi, apakah benar keluhan Anda muncul akibat jerawat, atau bukan. Penanganan jerawat tentu berbeda dengan kondisi-kondisi lain sebagaimana disebutkan di atas. Untuk itu, sebelum dipastikan jerawat, penanganan sebaiknya tidak dulu Anda lakukan sembarangan. Bila benar menurut dokter keluhan Anda timbul akibat jerawat, maka pemberian krim khusus anti jerawat beserta produk perawatan kulit lainnya bisa dokter lakukan. Jika keluhan tidak membaik dengan terapi konservatif seperti di atas, bisa juga dokter memberikan Anda obat atau menganjurkan untuk menjalani intervensi media lain, seperti dermabrasi, peeling, dan sebagainya.

Baca Juga:

Yang sebaiknya Anda lakukan saat ini dengan Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul:



  • Tidak berlebihan menggaruk jerawat yang muncul
  • Cuci muka dan leher Anda secara teratur pagi dan sore hari dengan sabun khusus anti jerawat
  • Tidak bertukar handuk, kosmetika, atau perawatan kulit lain dengan orang lain
  • Tidak menggosok berlebihan area wajah dan leher
  • Gunakan tabir surya dan pelembab sebelum beraktifitas
  • Bersihkan kosmetika usai beraktifitas sebelum tidur
  • Perbanyak minum air putih, makan buah, dan sayuran
  • Tidak stres dan tidak begadang
  • Jalani pola hidup yang sehat
  • Related

    kesehatan 8121713764624517106

    Post a Comment

    Hot in week

    Comments

    Tag cloud

    item