membahas tentang segudang,tips dan trik androit,teknologi,tips dan trik komputer,perbedaan dan persamaan, ilmu kesehatan & hiburan.

Saturday, September 30, 2017

Cara Bermain Bola Bekel dan Juga Aturan Bermain

Retno DJ

Cara Bermain Bola Bekel dan Juga Aturan Bermain

Kalau kita lahir pada jaman-jaman tahun 90an ya, kurang lebihnya tentu kita masih mengenal bahkan melakukan permainan tradisional pada jaman dahulu seperti permainan bola bekel. Berbeda beda zaman tentu berbeda permainan namun dengan seiringnya perkembangan zaman  mungkin permainan-permainan zaman 90an mulai tersisihkan.

Masih ingatkah anda dengan permainan bola bekel? berikut sedikit akan saya terangkan mengenai permainan bola bekel dan aturan dalam permainan bola bekel.

Sejatinya dalam permainan bola bekel ini berasal dari belanda dengan nama bikkelen. Permainan bola bekel ini juga dapat dilakukan lebih dari dua orang atau lebih. Pada peraturan yang ada pada permainan bola bekel sangat bervareatif bahkan banyak aturan mungkin berbeda daerah tentu berbeda juga ala permainannya. namun, pada umumnya pada peraturan permainan ini dimainkan yaitu hasil dari kesempatan para pesertanya.

Adapun peralatan yang digunakan dalam permainan bola bekel iniyang terdiri dari 2 jenis sebuah bola dan juga enam (6-10) buah bola bekel. Bola bekel yang terbuat dari karet kira-kira 3 cm, umumnya bola ini memiliki motif yang kontras dan juga menarik. Sedangkan alat yang kedua yaitu biji bekel. Biji bekel ini biasanya terbuat dari tembaga atau kuningan. Disalah saru sisinya juga datar terdapat tanda atau titik sedangkan sisi berlawanan akan terlihat mulus.
Permainan Bola Bekel


Cara Bermain Bola Bekel



Adapun cara bermain bola bekel ini adalah semua biji bekel harus digenggam ganya dengan satu tangan beserta dengan bolanya. Selanjutnya pada bola dilambungkan ke atas dan hanya boleh memantulkan satu kali saja. Saat bola dalam posisi tidak berada di tangan tersebutlah waktu dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk mengolah biji bekel. Dalam proses pengambilan atau pengaturan biji bekel, bola atau tangan tidak diperbolehkan menentuh biji yanglain dan dalam penangkapan bola bekel.

Tangan tidak diperbolehkan menyentuh anggota tubuh yang lain dalam usaha agar biji bekel yang dalam genggaman tidak terjatuh. Bola dan biji tidak boleh pula terjatuh maupun terlepas dari genggaman tangaan saat sedang bermain. Permainan bekel yang jago dapat memainkan game bola bekel ini dalam set yang cukup panjang tanpa melakukan kesalahan, sehingga satu peraturan diatas, maka permainan akan kehilangan gilirannya dan juga bergantian kepada pemain lain begitu seterusnya.

Itulah sedikit cara bermain bola bekel dan juga aturan bermainnya


0 komentar: