membahas tentang segudang,tips dan trik androit,teknologi,tips dan trik komputer,perbedaan dan persamaan, ilmu kesehatan & hiburan.

Saturday, September 30, 2017

Cara Bermain Patil Lele dan Juga Aturan Mainnya

Retno DJ

Cara Bermain Patil Lele dan Juga Aturan Mainnya

Sebuah permainan tradisional indonesia di masa anak-anak jaman dahulu yang masih sangat teringat di memori yaitu permainan patil lele. Permainan patil lele ini dimainkan  dengan menggunakan kayu seperti tongkat yang beruku kurang lebih satu meter dan juga terdiri dari 2 bentuk menjadi dua tim. Satu tim jaga dan juga tim pemain. Terdapat satu tongkat kayu sepanjang setengah tangan untuk dipukul dengan tongkat. Untuk tim yang bermain, pertama tama membuat sebuah lubang yang akan di gunakan untuk meletakan tonggak yang berukuran kecil.
Permainan Tradisional Patil Lele

Cara bermain patil lele dan aturannya,

Pada aturan permainan patil lele, pertama tonggak kecil di letakkan di atas lubang, tim yang bermain harus melempar tongkat kecil dengan menggunakan tongkat yang lebih besar tanpa melempar tongkat kecilnya. Dan tim jaga harus berusaha untuk menangkap, jika tangkapan menggunakan tangan satu maka tim yang jaga menang langsung dan jika menggunakan kedua tangan sebanyak 3 kali maka pada tim jaga juga harus main"tangkapan hanya berlaku tiap babak dan memiliki poin setiap tangkapan".
Permainan Klasik Tradisionala "Patil Lelel"

Setelah stick dipukul maka tim jaga harus melempar stick kearah tim main dan tim main harus bisa memukulnya kembali. Jika tidak terpukul maka harus di ulang sampai tim main mendapatkan pukulan. Usaha untuk tim main memukul stick sekeras-kerasnya, jika sudah selanjutnya dipukul, tim main harus menghitung jarak antaraletak jatuhnya stick dengan lubang menggunakan tongkat pemukulnya. Jumlah nilai dihitung dari jarak antara lubang dan lokasi stick jatuh.



Dan dibabak terakhir, stick kembali dibawa oleh tim main juga letakkan dalam lubang tetapi dengan posisi berbeda yaitu, lubang agak dimasukkan dalamsampai berposisi meriam. Selanjutnya tim main harus memukulnya dan juga jumlah nilai dihitung pula dari jarak jatuh kelobang menggunakan stick yang lebih kecil, dan pada tim jaga harus tetap menangkapnya. Jika tidaktertangkap maka tim yang main harus memberi hukuman untuk timjaga biasanya berupa meloncat menggunakan satu kaki dari jarak beberapa meter pulang pergi.
Ukuran Stick Permainan Patil Lele

Dan selanjutnya pada tim yang pertama main akan bergantian untuk menjadi tim jaga, begitu seterusnya dalam permainan patil lele ini. Berbeda daerah tentu berbeda pula cara bermain serta perhitungan poinnya. Bagaimana dengan masa anda saat bermain permainan patil lele dimasa kecil?

0 komentar: