Cara Untuk Mengetahui Apakah Seseorang Memiliki Kepribadian Ganda atau Tidak

Loading...
A+ A-

lupa belum tentu menandakan bahwa Anda memiliki kepribadian ganda


Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kepribadian ganda atau tidak, tidaklah mudah dan diperlukan pemeriksaan oleh dokter spesialis jiwa/ psikiater. Seseorang yang memiliki kepribadian ganda atau lebih memiliki kepribadian yang bertolakbelakang. Kepribadian yang satu mudah murung, depresi, dan mudah menyalahkan diri sendiri sedangkan jika kepribadian yang lain yang mengambil alih, kepribadian orang tersebut akan sangat berbeda seolah-olah orang tersebut memiliki identitas yang berbeda dengan identitas asli penderita, baik nama, usia, jenis kelamin, pengetahuan, dan lainnya.



Apakah orang di sekeliling Anda pernah menyampaikan pada Anda bahwa Anda memiliki gejala-gejala tersebut? Sering mengalami lupa belum tentu menandakan bahwa Anda memiliki kepribadian ganda karena gejala ini dapat disebabkan oleh kurang tidur, kurang konsentrasi, cedera kepala, gangguan elektrolit, gangguan metabolisme, dan lainnya.

Keluhan yang Anda sampaikan mungkin lebih mengarah pada depresi. Depresi adalah gangguan suasana hati yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan dan memandang suatu hal, serta cara bersikap dalam menghadapi kegiatan sehari-hari.Seseorang yang mengalami depresi akan mengalami rasa sedih, murung, mudah putus asa, merasa tidak berharga, merasa bersalah, dan kehilangan ketertarikan terhadap hal-hal yang biasanya membuat dirinya senang. Penderitanya juga tidak jarang memiliki keinginan bunuh diri bahkan sudah melakukan percobaan bunuh diri. Lebih lanjut lagi, penderitanya juga mudah merasa lelah, sulit tidur, tidak memiliki gairah seksual, memiliki nafsu makan yang menurun, mengalami penurunan berat badan.

Cara Untuk Mengetahui Apakah Seseorang Memiliki Kepribadian Ganda atau Tidak

Untuk memastikan apa yang Anda alami, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa/ psikiater apalagi karena keluhan ini sudah berlangsung sekian lama. Dokter akan menanyakan sejumlah pertanyaan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keluhan Anda ini. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan memberikan penanganna yang tepat bagi Anda yang dapat berupa terapi psikologis atau obat-obatan.

Anda dapat mencoba anjuran berikut:


  1. berolahraga dengan teratur
  2. berusaha lebih terlibat dalam kegiatan sosial atau kegiatan lainnya
  3. melakukan kegiatan/ hobi yang dapat menyenangkan hati Anda
  4. berbagi cerita mengenai beban pikiran yang Anda rasakan pada orang terdekat
  5. pastikan Anda selalu dikelilingi oleh orang-orang yang dapat membawa pengaruh positif
  6. hindari konsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok

Semoga informasi ini berguna.

Dr. Aloisia

Related

kesehatan 3599107379382970603

Post a Comment

Hot in week

Comments

Tag cloud

item