membahas tentang segudang,tips dan trik androit,teknologi,tips dan trik komputer,perbedaan dan persamaan, ilmu kesehatan & hiburan.

Wednesday, January 10, 2018

Cara Mengatur Tata Letak Halaman Di CorelDRAW 2018

Retno DJ

Yang perlu diperhatikan dalam mengatur  peletakan halaman yang  nantinya akan digunakan sesuai dengan besarnya object maupun ukran yang anda akan buat. Peletakan halaman yang mencakup beberapa yaitu:  ukuran kertas, posisi kertas dan masih banyak lagi yang masih berhubungan dengan halaman kerja anda. Untuk dapat mengatur semua itu, anda perlu menggunakan menu layout kemudian pilih Page Setup sehingga akan tampil kotak dialog options seperti gambar berikut ini:

Mengolah Halaman “Page”

Document Navigator yang berfungsi sebagai mana memberikan informasi mengenai jumlah halaman serta posisi pada halaman yang sedang di kerjakan. Perintah pada Status Page (Document Navigator) adalah dengan cara menglick kanan pada halaman yang terpilih.  Silahkan lihat gambar berikut :
Jika ingin menambah sebuah halaman anda dapat mengklick tombol [ + ] Add Page setelah anda mengklick maka akan kembali muncul sebuah halaman baru denan nama Page 1.

Fungsi Mengatur Tata Letak Halaman di CorelDRAW


  • Renam Page: Fungsinua untuk mengubah nama halaman dalam satu File, sebagai contoh : kilck page di halaman yang sudah aktif misalkan Pada Page 1 dan Klick kanan, lalu pilihlah Page Rename pilih ok, maka page 1 akan berubah nama 1:ab
  • Insert Page After: berfungsi sebagai menambah dan menyisipkan sebuah halaman baru berada di bagian kanan halaman aktif dalam satu file. Cara untuk menambahkan halaman sbg: kalukan klick kanan pada Page 1 kemudian pilih insert page After. Dengan cara lain, klick pada tanda + di bagian sebelah kiri Page 1 dan akan aktif page 2 begitu juga seterusnya.
  • Insert Page Before : Berfungsi sebgai untuk menambah dan juga menyisipkan sebuah halaman baru dibagian kiri halaman aktif dalam satu file. Dengan cara : semisal anda akan menyisipkan halaman diantara Page 2 dan Page 3, yang sudah anda ubah pada rename pagenya, menjadi page 2 adalah 2:abc dan juga page 3 abcd. Langkahnya dengan meng klick kanan 3: abcd lalu anda pilih Insert Page Before dan halaman akan berubah menjadi 2:abc atau page 3 atau 4:abcd
  • Duplicate Page: Duplicate Page ini berfungsi untuk menduplikat sebuah halaman
  • Delete Page: berfungsi untuk menghapus halaman dalam satu file dengan cara mengklick Page halaman yang aktif kemudan semisal Pada page 2 dan klick kanan lalu pilihlah  Delete Page.
  • Switch Page Orientation: Yang berfungsi untuk merubah bentuk Printable Area dari Portrait menjadi Landscape begitu sebaliknya.



0 komentar: