membahas tentang segudang,tips dan trik androit,teknologi,tips dan trik komputer,perbedaan dan persamaan, ilmu kesehatan & hiburan.

Friday, September 9, 2016

Teknologi LTE atau long Term Evolution 4G Nework Generasi Keempat Jaringan Nirkabel

Retno DJ

Apa itu LTE 4G? Memang kemunculan dari teknologi 4G kini telah membawa perubahan yang sangatlah besar khususnya bagi para pengguna jaringan seluler. Pada saat ini 4G sudah diklaim memiliki kecepatan yang sangatlah jauh lebih baik daripada generasi yang sebelumnya, sehingga bisa mempercepat dan juga memberikan efisiensi bagi para pengguna untuk bisa terhubung ke internet.



Untuk itu untuk mengetahui sebenarnya apa itu LTE 4G, maka kami akan menjelaskan tentang ppa itu LTE 4G. Apa itu LTE 4G? LTE 4G atau yang disebut dengan Long Term Evolution atau yang dikenal dengan jaringan 4G adalah sebuah istilah dari bahasa Inggris Fourth Generation Technology.

Didalam istilah tersebut, umumnya memang digunakan untuk mengacu di standar generasi ke-4 dari sebuah teknologi yaitu dari jaringan telepon seluler. 4G adalah salah satu teknologi yang memang sengaja dikembangkan dari sebuah generasi yang sebelumnya yaitu dari 1G:2G dan juga 3G dan kini berubah menjadi 4G. Pemberian nama G digunakan untuk menamakan sebuah generasi atau jika didalam bahasa Inggris adalah generation.

Teknologi dari 4G yang dibuat karena dengan maksud untuk menjadi sebuah solusi jaringan komunikasi yang sangatlah komprehensif dan juga aman yaitu dengan kecepatan data yang pastinya akan jauh lebih baik lagi dari generasi yang sebelumnya yaitu 3G. Long Term Evolution atau LTE dan juga Wimax sudah menjadi standar terbaru 4G walaupun yang sebenarnya terdapat berbagai perbedaan tentang status mereka.

Apa itu LTE 4G? Teknologi LTE atau long Term Evolution sudah diuji coba dalam berbagai operator yang ada di Indonesia yang sebenarnya adalah 4G sepenuhnya. Untuk saat ini teknologi yang sedang dalam uji coba di Indonesia memang dari LTE release 8 yang rencana akan memenuhi spesifikasi 3GPP dan memang belum memenuhi IMT advanced.

Dari ketiga operator itulah tercatat sudah melakukan ujicoba LTE diantaranya adalah Telkomsel, XL Axiata dan juga Indosat. Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan, semoga nantinya bisa bermanfaat untuk semua.


4G network merupakan dari generasi ke 4 - dari jaringan nirkabel yang memang digunakan untuk komunikasi mobile. Jaringan inilah yang dimaksudkan sebagai salah satu solusi pada jaringan komunikasi yang sudah komprehensif dan juga aman dengan kecepatan yang memang jauh lebih cepat daripada di generasi sebelumnya.

Standart yangt baru diantaranya ada WiMAx dan juga LTE atau Long Term Evolution telah disebutkan sebagai 4G network, walaupun memang masih saja ada beberapa perdebatan dalam status mereka.

Spesifikasi 4G network

Pada jaringan 4G jika dilihat secara spesifikasinya diarahkan untuk memberikan layanan yang berkualitas yang tinggi dan juga kecepatan transfer data yang pastinya juga tinggi. Jaringan tersebut ditujukan untuk bisa memberikan kualitas penerimaan yang nantinya bisa lebih baik, aliran transfer data juga bisa menjadi lebih stabil, serta dalam pertukaran informasipun juga akan lebih cepat.

ITU atau International Telecommunication Union merupakan suatu oranganisasi yang bertugas untuk mengawasi standar dalam jaringan nirkabel yang menyatakan bahwasannya kemajuan signifikan dalam pelayanan pesan multimedia dan termasuk juga dalam layanan video, adalah suatu hal yang memang harus segera dicapai.

4G network ini dapat memberikan kecepatan transfer data yang minimal mencapai 100 Mb per detiknya disaat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi, misalnya saja saat berada di dalam kereta api, bahkan bisa mencapai 1Gb per detiknya jika dalam keadaan yang diam. Perangkat mobile atau ponsel di jaringan 4G akan menggunakan teknologi IP atau Internet protocol guna memungkinkan mentransfer data melewati paket alih-alih dalam menggunakan metode telephone tradisional.

Kemajuan dalam 4G network

Salah satunya hal dalam implementasi jaringan 4G ada pada teknologi WiMax dan merupakan versi yang memang lebih cepat daripada transfer data nirkabel lewat jaringan WiFi. LTE merupakan suatu teknologi lainnya yang juga berusaha dalam mendapatkan standar 4G walaupun memang belum cukup untuk bisa memenuhi syarat ITU untuk masalah kecepatan datanya.

Walaupun begitu, WiMax dan juga LTE memberikan label sebagai salah satu jaringan 4G, walaupun memang pengakuan masih saja memicu adanya kebingungan dan juga kontroversi. Karena dari keduanya itu menggunakan paket IP yang sudah menunjukkan kemajuan daripada standar 3G, dan pada akhirnya ITU telah menyetujui mengenai pelabelan mereka sebagai jaringan 4G. Kemajuan teknologi seperti 4G network ini selayaknya bisa kita manfaatkan dengan sebaik dan semaksimal mungkin.


0 komentar: