Perbedaan Kata A dan AN dalam Bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa inggris pada semua tingkatan sering kali menjumpai kata “a” dan “an”, yang apabila diartikan sebenarnya dua kata terse...

Loading...
A+ A-
Dalam belajar bahasa inggris pada semua tingkatan sering kali menjumpai kata “a” dan “an”, yang apabila diartikan sebenarnya dua kata tersebut adalah kata yang mempunyai makna yang sama, yaitu makna mempunyai sebuah benda yang jumlahnya hanya ada satu. Akan tetapi, dua kata tersebut mempunyai peran penting dalam cara berkomunikasi dalam berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Lalu, apa sih yang menjadikan perbedaan antara a dan an dalam bahasa Inggris ? Bagi anda yang penasaran akan hal ini marilah simak tulisan saya berikut ini.

Perbedaan Kata A dan AN dalam Bahasa Inggris

Kata “a” dan “an” dalam bahasa Inggris adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan sebuah benda yang sifatnya umum/tidak spesifik. Akan tetapi, kata “a” dalam bahasa Inggris digunakan di depan kalimat yang mempunyai awalan kata huruf mati, seperti b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y dan z. Sedangkan kata “an” digunakan di depan kalimat yang mempunyai awalan kata huruf hidup, seperti a, i, u, e, o.

Contoh penggunaan kata an dalam bahasa Inggris.

  1. I have an apple (saya memiliki sebuah apel).
  2. When i was the kitchen room, i find an egg (ketika saya ada di dapur, saya menemukan telur).
  3. You are like an elephant (anda seperti seekor gajah).
  4. I had omelette on the plate (saya mempunyai telur dadar di piring).
  5. Somebody call an ambulance, please!!! (siapapun tolong panggilkan ambulan!!!)
  6. You are an idiot man (anda laki-laki idiot).


Contoh penggunaan kata a dalam bahasa Inggris.

  1. My father buy a toy for me (ayah saya membelikan sebuah mainan untuk saya).
  2. There is a student who have a knife (ada siswa yang memiliki sebuah pisau).
  3. Do you have a pen ? (apakah anda mempunyai pensil ?).
  4. I want to buy a notebook (saya ingin membeli notebook).
  5. I saw the star tonight (malam ini saya melihat bintang).


Akan tetapi, ada beberapa kalimat yang diawali dengan huruf mati yang diharuskan untuk menggunakan awalan “an”. Contohnya adalah “an hour”. Karena pada kalimat hour, pembacaanya adalah “auer”, jadi awalan yang digunakan untuk kata ini adalah awalan “an”.

Perhatikan pada semua contoh kalimat yang telah saya buat tadi. Pada semua kalimat yang mempunyai awalan “a” dan “an” memiliki arti sebuah benda, tapi dalam pengucapan artinya tidak diharuskan untuk mencantumkan kata sebuah.

Related

TEKNOLOGI 7531220690122376817

Hot in week

Comments

Tag cloud

item