Tips dan Trik Untuk Memperkuat Jaringan 3G pada Smartphone

Sinyal adalah salah satu hal yang tentu sangat dibutuhkan oleh semua pengguna smartphone berbasis android. Ini karena sebagia...

Loading...
A+ A-
Sinyal adalah salah satu hal yang tentu sangat dibutuhkan oleh semua pengguna smartphone berbasis android. Ini karena sebagian besar aplikasi yang ada dalam android juga membutuhkan koneksi ke internet. Semakin bagus sinyal yang didapatkan, tentu akan semakin baik dan maksimal pula pemanfaatan sebuah smartphone oleh pengguna. Oleh karena itulah banyak orang yang mencari cara memperkuat jaringan 3G pada smartphone agar bisa berjalan lebih cepat.

Berbicara mengenai cara memperkuat jaringan 3G, ada beberapa tips dan trik yang tentu bisa anda lakukan. Pertama adalah memastikan bahwa operator jaringan yang sedang anda gunakan memang mendukung jaringan 3G atau bahkan HSDPA di suatu tempat. Jika anda berada di sebuah tempat yang terpencil dan tidak didukung oleh jaringan yang bagus dan stabil. sehingga sekuat apapun usaha yang anda lakukan tentu tidak akan membuahkan hasil. 


Tips yang kedua adalah dengan melakukan perubahan pada pengaturan jaringan smartphone android anda. Biasanya, pada smartphone terdapat pilihan jaringan seperti 2G/EDGE dan 3G/WCDMA only. Pilihlah jaringan 3G atau WCDMA only. Meskipun daya yang dibutuhkan untuk mencari jaringan yang bagus akan membuat smartphone cepat panas dan baterai cepat habis, namun cara yang satu ini cukup jitu untuk mendapatkan jaringan terbaik. 

Cara memperkuat jaringan 3G selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi android. Ada beberapa aplikasi penguat sinyal yang bisa coba diinstal pada android anda seperti Network signal speed booster, Open Signal Maps, Network Signal Info, dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut telah tersedia di Playstore dan bisa didownload dengan mudah. 

Untuk cara memperkuat jaringan 3G terakhir adalah dengan membuat antena penerima sinyal sendiri. Bagaimana caranya? Pada smartphone, biasanya antena internal yang berfungsi untuk menerima sinyal jaringan terletak di bagian dalam smartphone. Untuk memasang penguat sinyal, anda bisa membelinya di berbagai toko elektronik yang menyediakannya. Harga yang dibutuhkan untuk memasang antena eksternal sinyal jaringan tentu bervariasi tergantung kualitasnya.

 Itulah beberapa cara memperkuat jaringan 3G yang bisa coba anda lakukan.  Kini anda tidak perlu khawatir jika jaringan 3G pada smartphone anda lemot.

Post a Comment

Hot in week

Comments

Tag cloud

item