membahas tentang segudang,tips dan trik androit,teknologi,tips dan trik komputer,perbedaan dan persamaan, ilmu kesehatan & hiburan.

Monday, September 19, 2016

Pengertian Manusia sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial Serta Bukti Yang Mendukung

Retno DJ

Jelaskan Pengertian Manusia sebagai Makhluk Individual Dan Makhluk Sosial

Apa perbedaan Makhluk sosial dan Makhluk Individu dan bukti yang mendukung perbedaan itu?

Jawab:
Perbedaan Makhluk sosial dan Makhluk Individu dan bukti yang mendukung perbedaan

Manusia Sebagai Makhluk Individu

Manusia sebagai makhluk individu yang memiliki unsur jasmani dan rohani. Seperti Unsur fisik, Unsur jiwa dan raga. Seseorang dapat dikatakan sebagai manusia individu dimana unsur-unsur yang disebutkan diatas menyatukan dalam dirinya. Jika semua unsur tersebut tidak menyatu maka seseorang tersebut tidak sebagai makhluk individu. Dalam Diri individu seperti jasmani maupun rohaninya. Atau, ada unsur berupa fisik dan psikisnya maupun ada unsur jiwa dan raga.

Perbedaan makhluk sosial dan makhluk individu dan bukti yang mendukung

Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Berdasarkan kodratnya Manusia Sebagai Makhluk Sosial adalah makhluksosial atau makhluk dengan bermasyarakat dalam lingkungan sekitarnya, selain dari itu juga diberikan yang berupa akal dan pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungan tersebut manusia sebagai makhluk sosial. Manusia selalu hidup dengan manusia lainnya (berdampingan). Dorongan masyarakat yang dibina sejak ia lahir akan selalu menampilkan dirinya dalam berbagai bentuk, dengan sendirinya manusia aka selalu bermasyarakat dan berkembang dalam kehidupan. Manusia dapat dikatakan sebagai makhluk sosial karena pada dirinya ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (berinteraksi) dengan manusia lainnya. Manusia juga tidaklahakan bisa hidup sebagai manusia jikalau tidak hidup di tengah-tengah masyarakat sekitar. 

Tanpa kehadiran manusia lainnya dan bantuannya, manusia tidak mungkin dapat berjalan dengan tegap. Dengan bantuan oranglainlah manusia dapat menggunakan tangan serta dapat berkomnikasi atau berbicara. Manusia sebagai makhluk hidup pula dapat mengembangkan keseluruh potensi yang dimiliki manusia.

0 komentar: