Perbedaan Gajah Asia dengan Gajah Afrika

Perbedaan Gajah Asia dengan Gajah Afrika  - Hewan dengan postur tubuh yang mayoritas besar, belalai panjang, telingan yang lebar, serta memi...

Loading...
A+ A-
Perbedaan Gajah Asia dengan Gajah Afrika - Hewan dengan postur tubuh yang mayoritas besar, belalai panjang, telingan yang lebar, serta memiliki gigi (gading) yang mempunyai harga jual mahal. Hampir di setiap benua tertinggal hewan yang satu ini, Gajah. Hewan lucu dan menjadi daya tarik tunggangan yang sangat asyik. Tak jarang para oknum menggunakan gajah sebagai hewan transportasi karena postur tubuhnya yang kekar dan besar.

Tapi, ternyata antara gajah asia dengan gajah afrika memiliki fakta unik serta menggilitik. Perbedaan yang paling menonjol ada pada telinganya. Kenapa, berikut ini Saya akan ulas tentang perbedaan gajah Asia dan Afrika.

Gajah Asia

gajah asia

  • Lihatlah pada telinga gajah Asia. Pada telinga gajah asia ini tidak terlalu lebar. Tidak terlalu lebar, dalam artian telingannya masih belum sampai menutupi bagian lehernya.
  • Tak semua gajah Asia memiliki gading. Artinya semua gajah betina yang ada di Asia tidak memiliki gading. Dan hanyalah gajah Asia jantan yang memiliki gading.
  • Seperti layaknya hewan unta yang ada di Arab, gajah Asia memiliki sebuah punuk di atas dahinya. Entah berfungsi untuk apa, tapi nyatanya gajah Asia memang benar-benar memiliki punuk di atas dahinya.
  • Dengan postur yang tinggi maupun pendek. Bagian anggota tubuh yang memiliki puncak tertinggi adalah pada punggungnya, bukan pada kepala apalagi kakinya.
  • Ini nih yang unik. Ujung belali gajar Asia hanya memiliki satu bibir saja.

Gajah Afrika

gajah afrika

  • Lihatlah pada telinga gajah Afrika. Lehernya pada gajah Afrika memiliki ukuran yang besar dibanding gajah Asia. Bahkan telinganya tersebut bisa sampai menutupi leher dan sebagian pundaknya.
  • Seperti tidak mau rasis. Tak peduli jenis kelamin apapun. Semua gajah Afrika memiliki gading.
  • Seperti layaknya unta. Gajah Afrika juga memiliki punuk di punggungnya. Akan tetapi berbeda dengan gajah Asia. Pada gajah Afrika punuknya ada dua dan kembar, pada bagian tengahnyapun memiliki lekukan.
  • Puncak tertinggi pada gajah Afrika bukanlah pada punggunnya, melainkan pada bahunya.
  • Seperti tak mau disamakan dengan gajah Asia. Gajah Afrika ini memiliki dua buah bibir pada ujung belalainya.
Wah, unik banget, kan? Perlu lebih teliti lagi nih kalau mau beli gajah. Perlu diingat-ingat mana yang gajah Asia mana yang gajah Afrika.

Related

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN 7327827079994885450

Hot in week

Comments

Tag cloud

item