Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan

Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan   - Saatnya berbagi ilmu kembali di dalam Blog  Beda dan Sam a ini. Pada pembahasan ka...

Loading...
A+ A-
Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan - Saatnya berbagi ilmu kembali di dalam Blog Beda dan Sama ini. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari mengenai suatu hal yang tidak terlalu asing di telinga dan mulut kita. Namun, sering kali hal ini menjadi salah kaprah bagi sebagian manusia dikarenakan memang hal ini hanya memiliki sedikit perbedaan. Akan tetapi, hal ini menjadi akan sangat penting jika kita memulai membuat essay, makalah, paper, jurnal, ataupun karya ilmiah lainnya. Dikarenakan memang penyebutan tentang perkembangan dan pertumbuhan harus sesuai dengan EYD yang baik. Sehingga tidak menimbulkan suatu kesalahpahaman pada para reviewer.


Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita memulai belajar untuk memahami Perbedaan Antara Pertumbuhan dengan Perkembangan. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan antara pertumbuhan dengan perkembangan yang Saya dapat berdasarkan pengalaman dan sumber terpercaya.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan


Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebelum kita mengetahui lebih detail tentang spesifik perbedaannya, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengerti akan masing-masing pengertian dari perkembangan dan pengertian dari pertumbuhan.

1. Pengertian Perkembangan


Perkembangan adalah suatu proses makhluk hidup, baik manusia, tumbuhan dan hewan menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif. Arti dari kualitatif sendiri disini adalah tidak dapat dihitung dengan angka, namun lebih dilihat dari segi fungsional. Pada umumnya, perkembangan tidak terbatas pada umurnya.

Contoh dari perkembangan adalah perkembangan manusia dari bayi menuju lebih dewasa dengan ditandai dengan dapatnya ia berbicara, berjalan, berlari dan lain sebagainya. Bertumbuhnya tanaman mangga sehingga dapat menghasilkan buah yang lebih besar dan lebih enak.

2. Pengertian Pertumbuhan


Pertumbuhan adalah suatu proses makhluk hidup, baik manusia, tumbuhan dan hewan menjadi lebih tinggi, lebih besar. Pertumbuhan dapat dihitung atau digambarkan dengan menggunakan angka, sehingga lebih bersifat kuantitatif. Ciri-ciri pertumbuhan pada makhluk hidup sangat jelas dilihat dari fisiknya. Pada umumnya, pertumbuhan terbatas oleh umurnya, sehingga bisa jadi pertumbuhan dapat berhenti.

Contoh dari pertumbuhan adalah pertumbuhan manusia dari bayi yang menjadi lebih besar, rambut manusia yang lebih panjang, serta pertumbuhan tumbuhan rambat menjadi lebih panjang merambat pada pagar halaman rumah.
Dari pengertian di atas, dapat kita tarik kesimpulan Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan adalah sebagai berikut:


1. Perkembangan lebih bersifat kualitatif, sedangkan pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif.
2. Perkembangan tidak dapat dilihat melalui fisik, sedangkan pertumbuhan sangat jelas dapat dilihat melalui fisik.
3. Pertumbuhan tidak dapat kembali lagi, sedangkan perkembangan dapat kembali lagi seperti semula.
4. Pertumbuhan dipengaruhi oleh pembelahan sel tubuh, sedangkan perkembangan dipengaruhi oleh pengalaman.


Dengan mengertinya mengenai Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan inilah diharapkan semua orang bisa lebih bijak dalam lebih mengerti tempat dimana kata pertumbuhan dan kata perkembangan dipakai. Sehingga tidak menimbulkan kekeliruan bagi pembaca yang memang sudah paham, terutama dosen dan guru kita.

Related

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN 278326024336923399

Post a Comment

Hot in week

Comments

Tag cloud

item