Blog Sederhana

Thursday, November 9, 2017

sejarah internet dan intranet serta Perbedaannya

Perbedaan Internet Dan Intranet

Sejarah INTERNET

Dibentuk  Oleh Depar temen Pertahanan Amerika Serikat pada Tahun 1969 yang mana internet   adalah jaringan komputer diawali dengan proyek ARPA yang disbut  ARPANE (Advanced Research Project Agency Network),. DImana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita dapat melakukan komunikasi dengan jarak jauh serta tidak terhingga dengan melalui saluran telepon. Pada Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang merka tetapkan menjadi cikal bakal pembangaunan protocol baru yang sekarang kita kenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Proyek ini yang dibangun dengan tujuan untuk keperluan militer. Pada saat itulah DPA (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) (US Departement Of Defense) membuat sebuah sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadinya serangan nuklir dan juga untuk menghindari terjadinya informasi terputus, yang apa bila terjadinya perang maka dengan mudah di hancurkan.


ARPANET pada mulanya hanya menghubungkan 4 situs saja  yaitu Research Institute, Santa Barbara,University Of California dan University Of Utah, dimana dari keempat tersebut membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan juga secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Tak lama kemudian proyek ini berkembang secara pesar di seluruh daerah dan semua inicersitas di negara tersebut  ingin bergabung, sehingga terbentuklah ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.


Pengertian INTERNET

Internet Merupakan hubungan dari berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda system operasi maupun juga aplikasinya dimana hubungan ini memanfaatkan protocol standar dalam berkomunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga dalam bentuk teks.

Pengertian INTERNET adalah Konsep LAN

Internet adalah konsep LAN yang diadopsi dari teknologi INTERNET dan juga mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau dapat dikatakan Internet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas  internet, yang diibaratkan berinternet dalam lingkup lokal.

Pada umumnya juga terhubunga ke internet lainnya (internetworking) sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan internt lain Internetworking melalui backbone internet .
Keuntungan Menggunakan Internet dan Intranet
keuntungan yang didapat dalam penggunaan internet dan intranet saat ini sangat banyak sekali yang tidak bisa dituliskan satu persatu.
perbedaan internet dan intranet

Sebagai contoh seperti yang anda lakukan saat ini yaitu mendapatkan inforasi dari internet yang ditempatkan pada halaman web yang merukan sebuah file-file yang ditulis dengan menggunakan kode HTML. Kode-kode inilah yang dapat dibaca oleh komputer yang awalnya dari bentuk kode HTML. Kode-kode HTML tersebut akan dibaca oleh komputer dengan melalui sebuah program yang disebut dengan browsher dengan memilikifungsi menerjemahkan kode HTML menjadi sebuah halaman web. Selain daripada itu, bentuk web, informasi juga sering tersimpan dalam bentuk file dokumen seperti Word(.doc), Rich File (.rtf), PDF dan masih banyak lainnya.

Informasi lain yang berupa gambar juga dapat disimpan dalam bentuk JPG dan GIF. File-file tersebut umumnya mempunyai link pada halaman web. Ada banyak browsher saat ini seperti netcape Navigator, mozilla, google chrome, Internet Explorer dll yang dapat anda jalankan di system operasi windows.

0 komentar: