Blog Sederhana

Sunday, November 12, 2017

Ciri-ciri Gangguan Jiwa Yang Dapat Dikenali Dengan Mudah

Ciri-ciri Gangguan Jiwa

Pada seseorang yang mengalami penyakit gangguan jiwa, dapat kita kenali dengan beberapa cirri-ciri gangguan jiwa seseorang tersebut. Gangguan jiwa tersebut akan secara cepat dapat kita deteksi. Dengan semakin cepat gangguaan kejiwaan yang terdeteksi maka dalam penangannya harus dengan secara cepat pula. Melihat pada umumnya yang terjadi di lingkungan sekitar kita mengenai bunuh diri, dimana diperlukan peran serta masyarakat untuk turut serta memahami, dan meminimalisir kejadian  bunuh diri agar dapat berkurang.  Berikut Ciri-ciri Gangguan Jiwa yang dapat kita kenali pada seseorang.

1. Interaksi social

Dimana interaksi social pada seseorang memiliki sebuah keinginan untuk menyendiri, biasanya memiliki imajinasi yang sangat tinggi serta dalam kesendiriannya sangat menikmati suasana yang sendiri, seseorang yang sangat menikmati dalam kesendiriannya dapat memicu munculnya fantasi-fantasi semu, jika hal tersebut dapat meruhbah persepsi nyata an persepsi tersebut diyakininya oleh seseorang yang bersangkutan maka seseorang tersebut akan mulai berbicara sendiri, yaitu berbicara dengan imajinasinya yang ada pada pikirannya fantasi-fantasi yang muncul diyakini oleh seseorang tersebut.

2. Kesulitan dalam mengorientasikan waktu

Seseorang yang mengidap gangguan kejiwaan yaitu seseorang yang tidak mampu dalam mengingat dimana ia berada serta jam berapa ia saat itu, seseorang yang mengalami gangguan jiwa akan keseulitan orientasi ini, terjadi dikarenakan pada memori pemikirannya yang berputar pada masalah-masalah yang ia pikirkan, sehingga hal ini akan mempengaruhi seseorang dalam ketidak mampuan untuk mengendalikan waktu dan juga tempat.
 
ciri-ciri gangguan jiwa

3. Daya ingat yang menurun serta daya kognitif parah

Saat diminta untuk melakukan hal perhitungan dengan sederhana maka ia akan tidak mampu untuk melakukan dengan secara mudah, perhitangan yang mudah itu akan menjadi sebuah perhitungan yang sulit bagi seseorang yang mengalami gangguan jiwa.

4. Mulai mengabaikan penampilan diri dalam hal kebersihan

Pada seseorang yang mengidap gangguan jiwa ini cenderung akan mengabaikan sebuah penampilannya terlebih dalam kebersihan diri sendiri, sebagai gambaran dirinya yang negative sehingga hal ini ia menganggap penampilan dirinya tidaklah penting, bahkan beberapa  pada penderita gangguan kejiwaan tingkat parah ia akan telanjang dan tidak menggunakan busana saat berpergian.

5. Memiliki Labilitas Emosional

Umumnya yang mengalami perubahan mood yang sangat cepat, perubahan ini yang fluktuatif membuat seseorang penderita gangguan jiwa menjadi sulit untuk mengontrol, stimulus yang sangat ringan biasanya membuat mereka menjadi emosi/marah secara berlebihan dan bahkan sedih secara yang berlebihan.

6. Prilaku yang aneh

Prilaku-prilaku yang aneh halnya seperti mengurung diri di kamar, tertawa sendiri, marah yang berlebihan dengan stimulus ringan, berjalan mondar-mandir, panic berlebihan, tiba-tiba menangis, berjalan tanpa tujuan,arah dan juga tujuan yang tidak jelas.

7. Memiliki rasa enggan dalam melakukan segala hal

Pengidap gangguan lebih berusaha untuk tidak melakukan hal apa-apa bahkan cenderung emosi atau marah saat diminta untuk melakukan sesuatu.


Jika ada beberapa  gejala seperti diatas atau mungkin anda menemui seseorang dengan cir-ciri diatas alangkah baiknya untuk segera membawa pada orany yang bersangkutan untuk pergi ke psikiater, rumah sakit jiwa, dokter spesialis jiwa atau klinik penyembuhan gangguan jiwa sehingga seseorang penderita  masih dapat ditangani secara cepat dan tepat.

0 komentar: